Kabar Terkini

27 December 2011

Bintang Korea 2011, SNSD


Dua tahun silam Super Junior di kategori Bintang Korea Tahun Ini, karena bagi kami mereka Bintang Setiap Tahun. Terbukti, kecemerlangan mereka tak kunjung redup, bahkan setelah melewati tahun kelima yang konon menjadi masa krisis bagi eksistensi boy band Korea. Album kelima, Mr. Simple, disambut histeris. Tur Asia “Super Show” kini dicanangkan menjadi konser dunia.

Tak mudah bagi kami menunjuk satu grup Korea paling cemerlang sepanjang tahun. Sementara jumlah girl dan boy band juga penyanyi solo di Korea semakin banyak.

Andaikan tak banyak kasus merundung, Big Bang bisa menjadi kandidat kuat kami. Album mereka, Tonight, sukses besar. Sayang, medio kedua tahun ini Big Bang diberitakan bukan karena prestasi.

Performa mereka harus kami katakan menurun sejak Daesung mengalami kecelakaan yang menewaskan seorang pengendara motor. Kabar soal penggunaan mariyuana oleh G-Dragon menambah catatan hitam Big Bang. Ah, harus ada kandidat lain.

Perhatian kami lalu tertuju pada girl band seperguruan Super Junior; Girls Generation atau Su Nyeo Shi Dae atau SNSD. Tahun ini diawali girl band beranggotakan sembilan cewek -- Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun -- ini dengan merilis singel di Jepang, “Run Devil Run”.

Masih di bulan Januari, Seoul Music Awards memberikan penghargaan Artis Tahun Ini, Bonsang Prize, Popularity Award, dan Hallyu Award. Ini membuat SNSD menjadi satu-satunya girl band dan satu dari empat artis Korea yang meraih penghargaan Artis Tahun Ini dua kali berturut-turut di Seoul Music Awards -- di samping Seo Taiji, Jo Sungmo, dan H.O.T.

April, SNSD merilis singel Jepang selanjutnya, “Mr. Taxi” disusul rencana tur di Jepang, “The 1st Japan Arena Tour”, yang dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total 14 konser di enam kota di Jepang digelar selama 1,5 bulan.

Pada 1 Juni, mereka merilis album berbahasa Jepang pertama, Girls Generation, dan mendapatkan sertifikat platinum (dengan penjualan sebanyak 250 ribu kopi) dari Asosiasi Industri Rekaman Jepang. SNSD menjadi artis kelima yang meraihnya setelah S.E.S, BoA, TVXQ, dan KARA. Prestasi ini meningkat menjadi double platinum pada 8 Juli dan menjadikan SNSD girl band Korea dengan penjualan album tertinggi di Jepang.

SNSD kembali mengguncang dengan kemunculan album The Boys pada September. Album ketiga ini bahkan dirilis sampai ke Amerika dan Eropa! Salah satu langkah serius SNSD dalam merintis karier internasional, dengan menggandeng produser Teddy Riley dan merilis lagu “The Boys” dalam dua versi, bahasa Korea dan Inggris.

SNSD comeback kali pertama di acara Music Bank KBS pada 21 Oktober. Papan reklame besar dan cuplikan video yang memasang wajah cantik para personel SNSD terpampang di pusat-pusat keramaian di berbagai lokasi di empat negara: Jepang (Shibuya, Shinjuku, dan Harajuku), China (Wangfujing), Korea (Gangnam), hingga di Times Square New York, Amerika!

Di pengujung tahun ini, SNSD kembali memenangkan penghargaan bergengsi dari Mnet Asia Music Awards, sebagai Artis Tahun Ini dan Grup Wanita Terbaik.

Tak hanya dijual lewat kepingan CD, SM Entertainment juga memasarkan The Boys secara global melalui YouTube, Facebook resmi SMTown, dan iTunes. Alhasil, album The Boys terjual 227.994 kopi di Korea dalam 12 hari, menjadi album terlaris Oktober dan album terlaris ketiga sepanjang 2011.

Sumber : tabloid bintang

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

Terbaru

Kuliner

 

Kabar Kabar Terkini Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha